Friday 28 June 2013

Storyboard Softskill Etika & Profesionalisme TSI selama perkuliahan

Selama saya belajar matakuliah Etika & Profesionalisme TSI, saya melakukan pemostingan tugas & tulisan
Dari keseluruhan postingan saya sudah memposting 5 Tugas & 15 tulisan, diantaranya :

TUGAS 5 POSTINGAN :

1. Judul : Perbedaan Arround the computer dengan throught the computer
Tanggal Posting : 2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/perbedaan-around-computer-dan-through.html
Ringkasan :
Auditing-through the computer
adalah audit terhadap suatu penyelenggaraan sistem informasi berbasis komputer dengan menggunakan fasilitas komputer yang sama dengan yang digunakan dalam pemrosesan data. Pendekatan audit ini berorientasi komputer yang secara langsung berfokus pada operasi pemrosesan dalam system komputer dengan asumsi bila terdapat pengendalian yang memadai dalam pemrosesan, maka kesalahan dan penyalahgunaan dapat dideteksi. Pendekatan ini dapat menggunakan perangkat lunak dalam bentuk specialized audit software (SAS) dan generalized audit software (GAS).

2. Judul : Keterbatasan Undang-Undang Telekomunikasi dalam Mengatur Penggunaan Teknologi Informasi
Tanggal Posting : 2013-04-23
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/keterbatasan-undang-undang.html
Ringkasan :
Ragamnya peraturan perundang-undangan yang mengatur penyadapan sayangnya mengandung kelemahan. Satu aturan bertentangan atau tidak sejalan dengan aturan yang lain. UU Telekomunikasi yang dibentuk sebelum lahirnya KPK, misalnya, belum mengakomodir keberadaan lembaga pimpinan Tumpak Hatorangan Panggabean ini. Atau prosedur penyadapan yang diatur dalam UU Narkotika berbeda dengan prosedur yang selama ini digunakan KPK. Akibatnya, tindakan penyadapan oleh penegak hukum berjalan sporadis.

3. Judul : UU No. 36 telekomunikasi berisikan Azas dan tujuan telekomunikasi, penyelenggaraan telekomunikasi, p
Tanggal Posting : 2013-04-23
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/undang-undang-no36-tentang.html
Ringkasan :
Peraturan dan Regulasi pada UU No. 36 tentang Telekomunikasi dapat dijelaskan sebagai berikut;
1. Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio atau sistem elektromagnetik lainnya;
2. Alat telekomunikasi adalah setiap alat perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi;
3. Perangkat telekomunikasi adalah sekelompok alat telekomunikasi yang memungkinkan bertelekomunikasi;
4. Sarana dan prasarana telekomunikasi adalah segala sesuatu yang memungkinkan dan mendukung berfungsinya telekomunikasi;
4. Judul : Jelaskan tata cara / aturan etika komunikasi agar tidak kacau , sehingga mencapai tujuan yang diharapkan
Tanggal Posting : 2013-06-10
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/jelaskan-tata-cara-atau-aturan-etika.html
Ringkasan :
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori utama biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi listrik dihentikan. Saat ini komputer mengikuti konsep program tersimpan von neuman, yaitu program disimpan di suatu tempat (memori) dimana kemudian instruksi-instruksi itu dieksekusi. Sasaran yang akan dicapai komputer sesuai atau bergantung program yang disimpan untuk dieksekusi. Penggunaan komputer dapat disesuaikan hanya dengan mengganti program yang disimpan di memori untuk dieksekusi. Konsep ini menghasilkan keluwesan yang sangat luar biasa.

5. Judul : Ruang Lingkup UUD tentang hak cipta
Tanggal Posting : 2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/ruang-lingkup-undang-undang-tentang-hak.html
Ringkasan :
Perlindungan hukum terhadap pemegang Hak Cipta dimaksudkan sebagai upaya untuk mewujudkan iklim yang lebih baik bagi tumbuh dan berkembangnya semangat mencipta di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam Hak Cipta, antara lain:
Pencipta: adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu Ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.

TULISAN15 POSTINGAN
1. Judul : PENGERTIAN ETIKA, PROFESI, DAN CIRI KHAS DARI PROFESI DI BIDANG TI
Tanggal Posting :  2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/pengertian-etika-profesi-ciri-khas.html
Ringkasan :
Etik (Etika) berasal dari kata ethos (Bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan - tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Etika merupakan sebuah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.

2. Judul : pengertian profesionalisme dan ciri2nya, kode etik profesional, ciri2 seorang profesional di bidang
Tanggal Posting :  2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/pengertian-profesionalisme-dan-ciri.html
Ringkasan :
Profesionalisme merupakan suatu tingkah laku, suatu tujuan atau suatu rangkaian kwalitas yang menandai atau melukiskan coraknya suatu “profesi”. Profesionalisme mengandung pula pengertian menjalankan suatu profesi untuk keuntungan atau
sebagai sumber penghidupan.

3. Judul : jenis-jenis ancaman (threats) melalui IT+kasus2 compt crime/cyber crime
Tanggal Posting :  2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/jenis-jenis-ancaman-threats-melalui-it.html
Ringkasan :
Pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai jenis – jenis ancaman (threats) yang dapat dilakukan melalui IT, pada pembahasan postingan kali ini juga dibahas mengenai contoh kacus kejahatan cybercrime. Semakin maraknya tindakan kejahatan yang berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis komputer dan jaringan telekomunikasi ini semakin membuat para kalangan pengguna jaringan telekomunikasi menjadi resah.

4. Judul : IT audit trail, real time audit, IT forensics
Tanggal Posting :  2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/jelaskan-it-audit-trail-real-time-audit.html
Ringkasan :
Audit trail sebagai “yang menunjukkan catatan yang telah mengakses sistem operasi komputer dan apa yang dia telah dilakukan selama periode waktu tertentu”. Dalam telekomunikasi, istilah ini berarti catatan baik akses selesai dan berusaha dan jasa, atau data membentuk suatu alur yang logis menghubungkan urutan peristiwa, yang digunakan untuk melacak transaksi  yang  telah  mempengaruhi  isi  record.  Dalam  informasi  atau  keamanan  komunikasi,  audit informasi berarti catatan kronologis kegiatan sistem untuk memungkinkan rekonstruksi dan pemeriksaan dari urutan peristiwa dan / atau perubahan dalam suatu acara.

5. Judul : UUD no 19 tentang hak cipta ketentuan umum, lingkup hak cipta,perlindungan,pembatasan hak cipta, dan
Tanggal Posting :  2013-04-24
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/undang-undang-no19-tentang-hak-cipta.html
Ringkasan :
Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas. Hak cipta berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta atau “ciptaan”. Ciptaan tersebut dapat mencakup puisi, drama, serta karya tulis lainnya, film, karya-karya koreografis (tari, balet, dan sebagainya), komposisi musik, rekaman suara, lukisan, gambar, patung, foto, perangkat lunak komputer, siaran radio dan televisi, dan (dalam yurisdiksi tertentu) desain industri. Hak cipta merupakan salah satu jenis hak kekayaan intelektual, namun hak cipta berbeda secara mencolok dari hak kekayaan intelektual lainnya (seperti, paten yang memberikan hak monopoli atas penggunaan invensi), karena hak cipta bukan merupakan hak monopoli untuk melakukan sesuatu melainkan hak untuk mencegah orang lain yang melakukannya.

6. Judul : COUNCIL OF EUROPE CONVENTION ON CYBERCRIME DI BERBAGAI NEGARA
Tanggal Posting :  2013-04-23
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/council-of-europe-convention-on.html#more
Ringkasan :
Hak eklusif bagi pencipta atas pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah pengertian HAK CIPTA menurut pasal 1 UU no 19 Th 2002.

7. Judul : Perbedaan Berbagai Cyber Law dan Contoh Perbandingan, Computer Crime Action
Tanggal Posting :  2013-04-22
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/04/perbedaan-berbagai-cyber-law-dan-contoh.html#more
Ringkasan :
Istilah ”cyberspace” untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh William Gibson seorang penulis fiksi ilmiah (science fiction) dalam novelnya yang berjudul Neuromancer Istilah yang sama kemudian diulanginya dalam novelnya yang lain yang berjudul Virtual Light.

8. Judul : Jelaskan pemrossesan eksekusi instruksi
Tanggal Posting :  2013-06-11
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/jelaskan-pemrosesan-eksekusi-instruksi.html
Ringkasan :
Saat instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage), apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage.

9. Judul : Perbedaan Data dan Informasi
Tanggal Posting :  2013-06-11
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/perbedaan-data-dan-informasi.html
Ringkasan :
Pengertian Data: Data adalah informasi yang disimpan yang dapat sewaktu-waktu di gunakan oleh penggunannya. Data merupakan raw material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung pada nilai gunanya bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya. Wikipedia mengatakan bahwa Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

10. Judul : Etika instruksi pada proses pengeksekusian
Tanggal Posting :  2013-06-11
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/bagaimana-etika-instruksi-didalam.html
Ringkasan :
Di dunia maya aturan-aturan atau kaidah hukum bersifat tertulis maupun tidak tertulis. Aturan tidak tertulis bisa berupa pernyataan sikap dari pembaca yang membaca informasi di blog, email, atau milis yang diwujudkan dalam bentuk komentar-komentar terhadap tulisan penulis, bila tulisan itu tidak berkenan atau bertentangan dengan nilai atau etika biasanya si penulis akan dihujat oleh pembaca melalui fasilitas komentar atau email balik bila melalui email atau milis. Sedangkan aturan tertulis bisa berupa peringatan yang ditulis oleh pembuat blog atau administrator milis agar tercipta komunikasi yang sehat, sopan, dan saling menghargai.

11. Judul : Interkoneksi antar komponen dan analisanya
Tanggal Posting :  2013-06-10
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/interkoneksi-antar-komponen-dan.html
Ringkasan :
Interkoneksi antar komponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama, dan perangkat masukan/keluaran). Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa perkawatan baik berupa perkawatan logam atau cara koneksi fisik lainnya. Komponen interkoneksi sesungguhnya tidak hanya perkawatan tapi juga tata cara atau aturan (atau protokol) komunikasi di antara elemen-elemen terhubung yang berkomunikasi agar tidak kacau sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Terdapat banyak sistem bus, yang popular diantaranya ISA, VESA, dan PCI.

12. Judul : pengertian shell, batch konsol, kernel
Tanggal Posting :  2013-06-29
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/pengertian-shell-batch-konsol-kernel.html
Ringkasan :
Shell, dalam komputer adalah salah satu jenis program asali sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi. Contoh dari kekerang adalah COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe, PowerShell dalam Microsoft Windows, Bourne shell, C shell, Korn shell dan masih banyak lainnya khususnya dalam keluarga sistem operasi UNIX. Beberapa kekerang juga dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan berkas.

13. Judul : Jelaskan selengkap lengkapnya berikut dgn contoh pengertian dri : single precission, double precissi
Tanggal Posting :  2013-06-29
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/jelaskan-selengkap-lengkapnya-berikut.html
Ringkasan :
Format tunggal-presisi floating-point format angka komputer yang menempati 4 byte (32 bit) dalam memori komputer dan merupakan dynamic range yang lebar dari nilai-nilai dengan menggunakan floating point.

14. Judul : Jelaskan berikut dgn gmbr dr struktur storage sistem multitasking, sistem unit programming , sistem
Tanggal Posting :  2013-06-29
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/elaskan-berikut-dgn-gmbr-dr-struktur.html
Ringkasan :
Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh komputer, Fungsi storage adalah menyimpan data atau file dalam jangka panjang dan pendek. Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok yaitu memori internal dan eksternal .
Penyimpanan internal (biasa juga di sebut main memori atau memori utama) berfungsi sebagai pengikat sementara baik bagi data program maupun informasi ketika proses pengolahanya di laksanakan oleh CPU.  Dua contoh memori  internal 
ROM dan RAM.

15. Judul : Pengertian dari akses input output, pendeteksian kebenaran dan pelaksaan program
Tanggal Posting :  2013-06-29
Link : http://murdiantoro77.blogspot.com/2013/06/pengertian-dari-akses-input-output.html
Ringkasan :
Input device atau input peripheral adalah alat yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer.Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal komputer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.













No comments:

Post a Comment